Home » » Pengalaman Pasang Twrp, Root Sampai Pasang Custom Rom Zenfone Max (Z010d)

Pengalaman Pasang Twrp, Root Sampai Pasang Custom Rom Zenfone Max (Z010d)

Posted by Droid Flashmedia on Friday, June 29, 2018

Dalam posting kali ini, saya selaku admin blog Wd-Kira akan membuatkan sedikit pengalaman saya memakai smartphone Asus Zenfone, mulai dari pengalaman melaksanakan pemasangan TWRP (Custom recovery) Rooting, hingga mengganti OS atau Rom dengan Rom lain atau Custom Rom.

Pada awal mula, smartphone yang saya gunakan ialah smartphone Asus Zenfone 5 (T00F), pada dikala memakai smartphone ini, saya masih benar-benar awam dalam dunia oprek-mengoprek smartphone android. Namun sesudah sekitar satu tahun memakai Asus zenfone 5, kemudian saya memberanikan diri untuk melaksanakan root, memasang Custom recovery, unlock bootloader dan juga melaksanakan penggantian kernel dengan Custom kernel, menambah fitur double tap to wakeup dan lain sebagainya.

Kira akan membuatkan sedikit pengalaman saya memakai smartphone Asus Zenfone Pengalaman Pasang TWRP, root hingga Pasang Custom Rom Zenfone Max (Z010D)

Namun pada dikala memakai smartphone Asus Zenfone 5 ini saya masih belum berani melaksanakan penggantian Rom dengan Custom rom dikarenakan pada dikala itu saya melihat di banyak sekali lembaga banyak yang menyampaikan bahwa Custom rom untuk Zenfone 5 (T00F) pada dikala itu masih terdapat banyak bung (alasan klasik bagi amatir)

Berganti smartphone dari Zenfone 5 (T00F) menjadi Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)

Setelah puas memakai smartphone Asus Zenfone 5 selama dua tahun, Hingga kesudahannya pada Agustus tahun 2016 lalu, saya kemudian berniat untuk mengganti smartphone zenfone 5 milik saya dengan smartphone baru, yaitu Zenfone Max ZC550KL (Z010D) yang dibekali dengan Ram 2 Gb dan Internal Memory 32 Gb dan baterai sebesar 5000Mah yang saya rasa cukup untuk seharian bekerja tanpa melaksanakan charging.

Hari pertama memakai smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) saya pribadi mendapat upgrade OS dari versi android Lollipop ke android Marshmallow. Dikarenakan dikala itu android marshmallow sedang terkenal dan banyak teman-teman di beberapa Group facebook membahasnya, jadi saya juga ikut penasaran, bagaimana sih tampilan dari android Marshmallow ? dan apa fitur gres yang ada pada android marshmallow ? Akhirnya saya melaksanakan upgrade ke android versi terbaru dikala itu, yaitu android Marshmallow dan saya pun mencicipi banyak fitur gres yang diberikan oleh asus.

Namun hari demi hari, saya mencicipi smartphone saya, Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) menjadi semakin berat, mengingat Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) ialah smartphone yang difokuskan ke daya tahan baterai, jadi kinerja cpu tidaklah segarang Asus Zenfone 5 milik saya dulu, ditambah lagi dengan banyaknya aplikasi bawaan pabrik yang saya rasa tidak begitu berguna, menyerupai share Link, remote Link dan lain sebagainya, sehingga Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) ini makin melambat dan ketika hanya dipakai  untuk memainkan Games sederhana menyerupai Clash of clans atau clash royale pun sudah mengalami lag.

Melakukan Root Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) Android Lollipop

Hingga satu hari di bulan September tahun 2016, (Zenfone Max milik saya gres berumur satu bulan dan masih garansi) saya memberanikan diri untuk melaksanakan root pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)milik saya dengan niat untuk menghapus aplikasi bawaan pabrik yang tidak terpakai, namun ternyata untuk melaksanakan root smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) yang sudah memakai OS android Marshmallow tak semudah Asus Zenfone 5.

Untuk melaksanakan root pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) Android Marshmallow, kita diharuskan untuk melaksanakan unlock bootloader, kalau gak mau unlock bootloader, maka kita harus downgrade dulu ke versi android Lollipop. Wah bikin pusing juga waktu itu gan.

Akhirnya sesudah membaca di banyak sekali lembaga dan bertekat untuk mencoba, kesudahannya saya berhasil memasang Twrp recovery dan melaksanakan root pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)android Lollipop.

Silahkan baca tutorialnya : Cara Pasang TWRP dan melaksanakan Root pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) Lollipop.

Pada bulan Oktober 2016, saya menemukan sebuah tutorial di sebuah lembaga internasional yang membahas mengenai cara melaksanakan pemasangan TWRP Recovery dan juga cara melaksanakan root pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) Versi android Marshmallow tanpa Unlock Bootloader, sehingga saya bertekat untuk menghapus jalan masuk root dan mengembalikan recovery orisinil pada smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) milik saya, kemudian memasang OS Marshmallow terbaru pada smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D).

Silahkan baca : tutorial cara unroot dan mengembalikan recovery orisinil Zenfone Max.

Memasang TWRP Recovery dan Root Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)android Marshmallow

Pada dikala ini, smartphone saya dalam keadaan unroot dan terpasang recovery bawaan (stock recovery) dalam posisi android marshmallow versi terbaru. Kemudian saya bertekat untuk memasang TWRP recovery pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) android marshmallow. Dengan bermodalkan nekat, saya berusaha mengakali bagaimana caranya melaksanakan pemasangan TWRP dan melaksanakan root pada zenfone max marshmallow tanpa unlock bootloader. percobaan yang saya lakukan sudah berulang kali, namun tetap gagal. dan percobaan terakhir yang saya lakukan ialah dengan memasang kernel marshmallow beta. itupun dengan perasaan was was dan sedikit takut kalau gagal, dan ternyata saya berhasil melaksanakan pemasangan twrp dan juga melaksanakan root pada smartphone kesayangan saya tanpa harus melaksanakan unlock bootloader.

Silahkan baca : tutorial cara memasang twrp dan root Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) android marshmallow tanpa unlock bootloader.

Namun tujuan saya untuk menghapus aplikasi bawaan (bloat ware) belum terwujud dikarenakan beberapa aplikasi System tersebut justru akan merusak OS jikalau saya menghapusnya dengan paksa. Dan sementara ini saya hanya melaksanakan dissable aplikasi bawaan tersebut.

Memasang Custom Rom CyanogenMod 13 dan CyanogenMod 14 pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)

November 2016, saya iseng melaksanakan search di google perihal Custom rom yang cocok untuk Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D), dan dikala itu saya gres menumukan Custom rom CyanogenMod 13 (android marshmallow), kemudian saya mencoba untuk melaksanakan pemasangan Custom rom CyanogenMod (CM 13) pada smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) milik saya dan ternyata banyak sekali perubahan yang saya rasakan, disamping lebih ringan dan smooth dikala digunakan, OS CyanogenMod ini juga tidak mengecewakan ekonomis baterai dikarenakan hanya aplikasi yang kita perlukan saja yang terpasang (tanpa bloat ware / aplikasi bawaan yang tak berguna).

Pada dikala itu juga beberapa maintainer (orang yang mengembangkan OS android sesuai dengan perangkat kita) juga sudah mengembangkan OS CyanogenMod 14 (Android Nougat) untuk Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) namun bug atau kekurangan pada OS tersebut masih sangat parah, yaitu Mobile data tidak sanggup digunakan, sehingga saya belum mau mencobanya.

Hingga akhirnya, salah seorang maintainer asal India menemukan perbaikan untuk bug pada CM 14 hingga kemudian saya mencoba cm 14 yang dikala itu sudah stabil dan sanggup dipakai sehari-hari.

Memasang Custom Rom Resurrection Remix Nougat pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)

Desember 2016, CyanogenMod mengumumkan di website resminya, bahwa final Desember 2016, CyanogenMod tidak lagi tersedia untuk smartphone, dan pada Januari 2017 akan berganti dengan LineageOS.

Seiring dengan hilangnya pertolongan CyanogenMod, saya mencoba untuk memakai Custom rom Resurrection Remix versi 5.8.0 (android nougat) kebetulan seorang maintainer asal Malaysia telah melaksanakan build Custom rom Resurrection remix (RR) untuk perangkat Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) sehingga saya mencoba untuk mendownload dan memasangnya pada smartphone kesayangan saya.

Dan ternyata, Resurrection Remix OS mempunyai tingkat stabilitas yang lebih baik dibanding dengan CyanogenMod, meskipun Resurrection remix Base nya juga berasal dari CyanogenMod. Salah satu hal yang menciptakan saya menyukai Resurrection remix ialah fitur yang diberikanya begitu banyak yang begitu Penuh dengan kustomisai. Beberapa fitur yang diberikan juga sangat mempunyai kegunaan dalam penggunaan sehari-hari.

Mulai dikala itu saya mengikuti terus perkembangan Custom rom Resurrection Remix hingga dikala ini mencapai versi 5.8.3 dengan android nougat 7.1.2 yang hingga hingga dikala ini masih terpasang pada smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)milik saya.

Custom Rom Lain yang hingga dikala ini sudah saya coba pada smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) diantaranya ialah :

  1. CyanogenMod 13
  2. CyanogenMod 14
  3. LineageOS 14.1
  4. Resurrection Remix
  5. AIM System
  6. AOSP
  7. AOSP Extended (AEX Rom)

Dan kemungkinan besar masih akan ada banyak lagi beberapa OS Android atau Custom rom yang akan saya coba dan juga di kemudian hari akan saya review dan InsyaAllah akan saya bagikan juga tutorial cara memasang Custom Rom untuk Smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)agar kau juga sanggup mencobanya pada smartphone kamu.

Itulah pengalaman saya (mungkin bagi kau yang sudah master, pengalaman ini begitu norak) namun dengan modal nekat, bagi saya yang awalnya sangat awam dan tidak tau apa apa mengenai oprek, root, dan memasang Custom rom, dan hingga dikala ini sanggup mencicipi android versi terbaru pada smartphone saya ialah hal yang sangat luar biasa dan menjadi kebanggan tersendiri dalam hati saya. :D


Sumber https://wd-kira.blogspot.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}